Selasa, 16 April 2013

Amazing Race Jogja, Amazing Race Outbound di Yogyakarta

Amazing Race Jogja, Amazing Race Outbound di Yogyakarta.
Amazing Race merupakan simulasi game teka-teki, get the target dan treasure hunt.
Metode Experiential Learning dipercaya bukan hanya merupakan sebuah trend dalam metode pelatihan, namun telah dikaji sebagai suatu metode yang paling efektif dalam mengakomodasi kebutuhan / tuntutan terhadap hasil suatu pelatihan.

Guna mencapai tujuan dan mengoptimalkan metode pelatihan diatas, media Outdoor Activities atau yang juga dikenal dengan Outbound Training merupakan pilihan yang tepat.

Dengan konsep-konsep interaksi antara peserta dan dengan alam melalui kegiatan simulasi di alam terbuka diyakini dapat memberikan suasana yang kondusif untuk membentuk sikap, cara berpikir dan persepsi yang kreatif dan positif dari setiap peserta guna membentuk rasa kebersamaan, keterbukaan, toleransi dan kepekaan yang mendalam, yang pada harapannya akan mampu memberikan semangat, inisiatif, dan pola pemberdayaan baru dalam perusahaan anda melalui simulasi Outdoor Activities ini peserta juga akan mampu mengembangkan potensi diri, baik secara individu (Personal Development) maupun dalam kelompok (Team Development) dengan melakukan interaksi dalam bentuk komunikasi yang efektif, manajemen konflik, kompetisi, kepemimpinan, manajemen resiko, dan pengambilan keputusan serta inisisatif.

Personal Development
Merupakan program pelatihan yang intensif dalam rangka pengembangan pribadi (personal) dengan menggunakan media pembelajaran luar ruang (outdoor). Dalam program ini akan diterapkan usaha terarah untuk penggunaan kesempatan belajar yang aktif demi memperkuat perubahan di dalam organisasi melalui pembelajaran individu
Didalam pelatihan ini peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan strategi yang berguna khususnya dalam hal:

1. Dengan kemampuan yang sudah ada saat ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan dan menggali potensi diri yang belum disadari

2. Pembelajaran terhadap nilai-nilai tersebut dilakukan melalui experiential learning sehingga peserta akan lebih memahaminya.

3. Meningkatkan kemampuan kepemimpinan peserta, antara lain dalam kerjasama team, komunikasi internal maupun eksternal yang efektif, dan pengambilan keputusan

4. Meningkatkan kemampuan berpikir 'liar' dalam memahami dan mengatasi setiap masalah.

5. Memberikan pengalaman yang menarik dan menantang sebagi pembelajaran dalam menghadapi pekerjaan sehari-hari.
Materi dan Kegiatan yang diberikan semuanya mengandung manfaat manajerial sehingga akan didapat pengalaman-pengalaman yang berguna dalam pekerjaan sehari-hari seperti:

1. Mengoptimalkan keeikutsertaan karyawan dalam semua kegiatan acara

2. Menambah rasa percaya diri dalam melaksanakan tugas yang diberikan

3. Meningkatkan kepekaan karyawan terhadap masalah sesama dalam perusahaan

4. Memahami peran & fungsi serta tanggung jawab masing-masing dalam pekerjaan

5. Menjadikan individu dalam perusahaan lebih siap terhadap perubahan dan perkembangan dunia usaha .
Diantara materi yang diberikan, para peserta juga akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman praktis guna mengembangkan potensi diri dalam hal: self confidence, leadership dan self motivation.
Team DevelopmentMerupakan program-program pelatihan yang intensif dalam rangka pengembangan kerjasama kelompok (team work) dengan menggunakan media pembelajaran luar ruang (outdoor) . Dalam program ini akan diterapkan usaha pembelajaran individu sebagai bagian dari suatu team. Peran Team dalam memecahkan masalah (problem solving) dan juga dinamika suatu kelompok kerja.
Didalam training ini peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan strategi yang berguna khususnya dalam hal:

1. Memahami perbedaan dalam kelompok

2. Keterbukaan sikap (self-disclosure)

3. Memberi dan menerima umpan-balik (feedback)

4. Memahami lebih jauh manfaat dan pentingnya bekerja-sama dalam tim

5. Mengetahui prinsip kerja Team Work yang Sinergis

6. Mempersiapkan peserta untuk menerapkan asas-asas kerjasama kelompok dan budaya baru (encounter culture) dalam unit organisasi masing-masing

7. Identifikasi masalah-masalah kerjasama antar-fungsi dan antar-lapisan organisasi serta rencana perbaikannya

8. Menetapkan langkah yang tepat untuk mengatasi berbagai situasi sulit dalam team

9. Mengetahui faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dan dievaluasi dalam pembentukan Tim yang solid, pemilihan personil dan mengatasi hambatan yang biasanya terjadi dalam Tim

10. Mengetahui bagaimana mengevaluasi team performance dan mengarahkan perbaikan-perbaikan guna efisiensi & efektifitas tim selanjutnya

11. Meningkatkan kepekaan karyawan terhadap masalah sesama dalam perusahaan

12. Komitmen terhadap tujuan tim dengan antusias, saling memberi informasi dan pengalaman

13. Terbentuknya suatu tim yang solid dengan kinerja yang efektif yang mengahasilkan outcome yang maksimal dalam pencapaian tujuan perusahaan
Pada kesimpulannya, setiap aktivitas yang ada dalam pelatihan ini baik berupa diskusi ( indoor-class ) maupun kegiatan simulasi di luar ruang (outdoor) merupakan experiential activities yang ditargetkan secara specifik untuk memahami pembentukan dan membangun suatu tim (team building) dalam rangka meningkatkan pencapaian tujuan tim dan pada akhirnya mengahasilkan outcome yang maksimal dalam pencapaian tujuan perusahaan.


DISAIN PROGRAM PELATIHAN
Berdasarkan metodoe pelatihan diatas, disain program yang kami susun adalah bertahap meliputi:

Kerangka Dasar Pelatihan:• Pengarahan (Briefing)• Pemahaman akan misi (Mission Assesment) dan Perencanaan (Planning)• Pelaksanaan Aktifitas (Action) dan Refleksi (Reflection)• Evaluasi (Evaluation)• Penyimpulan (Debriefing)

Aktifitas
Luar Ruang (outdoor) dengan dasar:
• Permainan berstruktur
• Skenario yang beralur
• Aturan main, sangsi dan penghargaan
• Penghitungan prestasi (scoring)
Dalam Ruang (indoor)• Ceramah Singkat & Diskusi
• Diskusi
• Indoor Games
FASILITATOR
Dalam kegiatan pelatihan dengan media outdoor , Nabz Outbound jogja, menerapkan standar kompetensi yang memadai meliputi:

Instruktur & Fasilitator (Trainer)• Para trainer yang berkompetensi dalam bidang pelatihan baik indoor maupun outdoor

Tenaga Medis (Paramedics)
• Tersedianya para tenaga medis yang berpengalaman dalam setiap kegiatan pelatihan

Instruktur High Impact Games
• Para instruktur yang berkompetensi dalam bidang kegiatan luar ruang (outdoor) yang di dukung dengan peralatan (equipment) yang memenuhi standard keamanan
• Selalu memprioritaskan masalah keamanan bagi setiap peserta dalam setiap kegiatan


FASILITAS
Dalam memfasilitasi kegiatan pelatihan ini, Nabz Outbound jogja meyediakan:
• Design Program
• Instruktur & Fasilitator
• Psikolog/Oberver
• Peralatan & Perlengkapan
• Simulasi Interaktif (outdoor games)• Akomodasi
• Konsumsi
• Transportasi
• Photo/Dokumentasi
• Laporan (Review)• Dan lain lain disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan pelatihan.


BIAYA PELATIHAN
Biaya yang akan timbul atas penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini didasarkan atas jumlah peserta serta jenis akomodasi yang dipilih sesuai keinginan klien, yaitu dengan fasilitas akomodasi yang dipilih, pada prinsipnya harga merupakan kesepakan untuk mewujudkan keberhasilan bersama.
Biaya yang dikeluarkan perusahaan guna penyelenggaraan acara ini sesungguhnya merupakan investasi jangka panjang dalam hal Sumber Daya Manusia dalam tubuh perusahaan itu sendiri. Karena keuntungan yang didapat dari kegiatan ini kembali lagi kepada perusahaan berupa peningkatan kinerja para karyawan serta pembentukan team kerja yang solid yang pada akhirnya akan meningkatkan pencapaian tujuan perusahaan.


LOKASI PELATIHAN
Dengan kandungan materi yang sarat nilai pembelajaran melalui media outdoor, kami sangat menganjurkan agar kegiatan outbound training ini dapat dilaksanakan diareal yang representatif, yang dapat mengoptimalkan kegiatan pelatihan agar mampu mencapai tujuan yang diinginkan dengan baik, areal yang mampu mengakomodasi segala jenis kegiatan yang akan dilakukan, dalam hal ini areal tersebut merupakan sebuah kawasan pelatihan yang menyediakan fasilitas dan sarana yang dibutuhkan, meliputi:

• Areal terbuka yang cukup luas guna pelaksanaan outdoor activities• Areal tertutup guna pelaksanaan indoor activities• Tersedianya fasilitas permainan High Impact Games sebagai salah satu media peningkatan Self Confidence. setiap peserta pelatihan (disesuaikan dengan keinginan klien).
• Yang juga tidak kalah pentingnya adalah masalah privacy agar peserta dapat berkonsentrasi penuh pada. kegiatan tanpa terganggu oleh pengunjung umum.



DURASI PELATIHAN
Lamanya waktu pelatihan pada dasarnya disesuaikan dengan keinginan klien, namun untuk hasil yang optimal, program pelatihan ini membutuhkan waktu efektif selama (3 Hari / 2 Malam), yang secara umum jumlah jam tersebut terdistribusi dalam kegiatan kegiatan sebagai berikut:

• Diskusi & Indoor Games: 35%
• Outdoor Activities: 65%


PESERTA PELATIHAN
Dengan didasarkan pada kandungan materi pelatihan dan tujuan pelatihan, sasaran kegiatan pelatihan ini adalah meliputi: Karyawan, Supervisor hingga Top Manager.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More